MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION (DI) dan DOWNLOAD RPP


PENGAJARAN LANGSUNG

( DIRECT INSTRUCTION  / DI )

proses belajar mengajar di multimediaPengajaran Langsung merupakan suatu model pengajaran yang sebenarnya bersifat teacher center. Dalam menerapkan model pengajaran langsung guru harus mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan yang akan dilatihkan kepada siswa secara langkah demi langkah. Karena dalam pembelajaran peran guru sangat dominan, maka guru dituntut agar dapat menjadi seorang model yang menarik bagi siswa.

A. Landasan Teoritik

Model pengajaran langsung bertumpu pada prinsip-prinsip psikologi prilaku dan teori belajar social, khususnya tentang pemodelan (modeling). Seperti yang telah diuraikan di dalam modul yang berjudul : “ Landasan Teori dalam Pengembangan Model-model Pengajaran.” teori belajar social tentang pemodelan tingkah laku itu dikembangkan oleh Albert Bandura. Menurut Bandura, belajar yang dialami manusia sebagian besar diperoleh dari suatu pemodelan, yaitu meniru prilaku dan pengalaman (keberhasilan dan kegagalan) orang lain. Dari landasan teoritik model pengajaran langsung ini dapat dibaca di modul tersebut dengan sub judul Teori Pemodelan Tingkah Laku.

B. Tujuan Hasil Belajar Siswa

Sebagian besar tugas guru ialah membantu siswa memperoleh pengetahuan procedural, yaitu pengetahuan tentang bagaimana melakukan sesuatu, misalnya bagaimana cara menggunakan neraca lengan (Ohauss), dan bagaimana melakukan sesuatu eksperimen. Guru juga membantu siswa untuk memahami pengetahuan deklaratif, yaitu pengetahuan tentang sesuatu (dapat diungkapkan dengan kata-kata), misalnya nama-nama bagian neraca Ohauss.

Model pengajaran langsung dirancang secara khusus untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan procedural dan pengetahuan deklaratif yang terstruktur dengan baik dan dapat dipelajari selangkah demi selangkah. Menghafal hukum atau rumus tertentu dalam sains merupakan contoh pengetahuan deklaratif sederhana. Sedangkan bagimana cara mengoperasikan alat-alat ukur dalam sains merupakan contoh pengetahuan procedural.

Dalam banyak hal, penguasaan terhadap pengetahuan dasar procedural dan deklaratif terdiri atas penguasaan kegiatan khusus dan kegiatan berurutan. Misalnya, agar siswa terampil menggunakan neraca Ohauss untuk mengukur massa, memerlukan pengetahuan deklaratif tentang nama-nama bagian neraca Ohauss dan juga pengatahuan procedural seperti bagaimana mengenolkan neraca, menggeser anak timbang dan membaca skala.

Selain model pengajaran langsung efektif untuk digunakan agar siswa menguasai suatu pengetahuan procedural dan pengetahuan deklaratif sederhana, model ini juga efektif untuk mengembangkan keterampilan belajar siswa. Beberapa keterampilan belajar siswa yang harus dikembangkan oleh guru, seperti menggarisbawahi, membuat catatan, dan membuat rangkuman.

C. Tingkah Laku Mengajar (Sintaks)

Pada model pembelajaran langsung terdapat lima fase yang sangat penting. Guru mengawali pelajaran dengan pekerjaan tentang tujuan dan latar belakang pembelajaran, serta mempersiapkan siswa untuk menerima penjelasan guru.

Fase persiapan dan motivasi ini kemudian diikuti oleh presentasi materi ajar yang diajarkan atau demonstrasi tentang keterampilan tertentu. Pelajaran ini termasuk juga pemberian kesempatan kepada siswa untuk melakukan pelatihan dan pemberian umpan balik terhadap keberhasilan siswa. Pada fase pelatihan dan pemberian umpan balik tertentu, guru perlu selalu mencoba memberikan kesempatan kepada siswa untuk menerapkan pengetahuan atau keterampilan yang dipelajari kedalam situasi kehidupan nyata. Rangkuman kelima fase tersebut dapat dilihat pada table 1.

TABEL 1. SINTAKS MODEL PENGAJARAN LANGSUNG

FASE-FASE

PRILAKU GURU

FASE 1

Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa

Guru menyampaikan tujuan, informasi latar belakang pelajaran, pentingnya pelajaran ini, mempersiapkan siswa untuk belajar

FASE 2

Mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan

Guru mendemonstrasikan keterampilan yang benar, atau menyajikan informasi tahap demi tahap

FASE 3

Membimbing pelatihan

Guru merencanakan dan memberi bimbingan pelatihan awal

FASE 4

Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik

Mencek apakah siswa telah berhasil melakukan tugas dengan baik, memberi umpan balik

FASE 5

Memberikan kesempatan untuk pelatihan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan

Guru mempersiapkan kesempatan melakukan pelatihan lanjutan, dengan perhatian khusus pada penerapan kepada situasi lebih kompleks dan kehidupan sehari-hari.

D. Lingkungan Belajar dan Sistem Pengelolaan

Pengajaran langsung memerlukan memerlukan perencanaan dan pelaksanaan yang sangat hati-hati di pihak guru. Agar efektif, pengajaran langsung mensyaratkan tiap detil keterampilan atau isi didefinisikan secara seksama. Demonstrasi dan jadwal pelatihan juga harus direncanakan dan dilaksanakan secara seksama.

Meskipun tujuan pembelajaran dapat direncanakan bersama oleh guru dan siswa, model ini terutama berpusat pada guru. Sistem pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru harus menjamin terjadinya keterlibatan siswa, terutama melalui memperhatikan, mendengarkan, dan resitasi (Tanya jawab) yang terencana. Ini tidak berarti bahwa pembelajaran bersifat otoriter, dingin, dan tanpa humor. Ini berarti bahwa lingkungan berorientasi pada tugas dan member harapan tinggi agar siswa mencapai hasil belajar dengan baik.

E. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

AREAL DOWNLOAD RPP

  1. Versi Microsoft Office Word 2007. DOWNLOAD
  2. Versi Microsoft Word Office 2003. DOWNLOAD from Ziddu, DOWNLOAD from 4shared
  3. Versi Adobe Raeader. DOWNLOAD from Ziddu, DOWNLOAD from 4shared

Tulisan ini dikutip dari materi Diklat perjenjangan tingkat dasar Guru IPA di Balai Diklat Keagamaan Denpasar Tahun 2008.

About these ads
Categories: model pembelajaran | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , | 6 Komentar

Post navigation

6 thoughts on “MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION (DI) dan DOWNLOAD RPP

  1. nama penulisnya sapa?
    n penerbutnya….
    dari lalaman berap, dan bab berapa…
    pak?

  2. uty

    mohon ijin download ya pak… terima kasih…

  3. makasi y atazz inffo_nya,,,,,,

  4. tarlan

    Permisi pak… numpang download

  5. Iswan

    Terima kasih pak.. tulisannya sangat membantu

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d blogger menyukai ini: