MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN DOWNLOAD RPP


MTs. NEGERI AIKMEL KAB. LOTIM NTBSecara garis besar PBI terdiri dari menyajikan kepada siswa situasi masalah yang otentik dan bermakna yang dapat memberikan kemudahan kepada mereka untuk melakukan penyelidikan dan inkuiri. Peranan guru dalam PBI adalah mengajukan masalah, memfasilitasi penyelidikan dan dialog siswa, serta mendukung belajar siswa. PBI diorganisasikan di sekitar situasi kehidupan nyata yang menghindari jawaban sederhana dan mengundang berbagai pemecahan yang bersaing. Adapun ciri-ciri utama PBI meliputi suatu pengajuan pertanyaan atau masalah, suatu pemusatan antar disiplin, penyelidikan autentik, kerjasama, serta menghasilkan karya dan peragaan.

A. LANDASAN TEORI

Model pembelajaran ini sangat efektif untuk mengajarkan proses-proses berpikir tingkat tinggi, membantu siswa memperoses informasi yang telah dimilikinya, dan membantu siswa membangun sendiri pengetahuannya tentang dunia sosial dan fisik di sekelilingnya. Pengajaran berdasarkan permasalahan bertumpu pada psikologi kognitif dan pandangan para konstruktivis mengenai belajar. Model pengajaran ini juga sesuai dengan yang dikehendaki oleh prinsip-prinsip CTL, yaitu inquiri, konstruktivisme dan menekankan pada berpikir tingkat lebih tinggi.

B. TUJUAN HASIL BELAJAR SISWA

PBI tidak dirancang untuk membantu guru memberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada siswa. PBI utamanya dikembangkan untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir, pemecahan masalah dan keterampilan intelektual, belajar berbagai peran orang dewasa melalui pelibatan mereka dalam pengalaman nyata atau simulasi dan menjadi pembelajaran yang otonom dan mandiri.

C. TINGKAH LAKU MENGAJAR (SINTAKS)

PBI biasanya terdiri dari 5 (lima) tahap utama yang dimulai dengan guru memperkenalkan siswa degan suatu situasi masalah dan diakhiri dengan penyajian dan analisis hasil kerja siswa. Jika jangkauan masalahnya tidak terlalu kompleks, maka kelima tahapan tersebut mungkin dapat diselesaikan dalam waktu dua sampai tiga kali pertemuan. Namun untuk masalah-masalah yang kompleks mungkin akan membutuhkan setahun penuh untuk menyelesaikannya. Kelima tahapan tersebut disajikan pada Tabel berikut.

TABEL 3. SINTAKS MODEL PBI

FASE-FASE TINGKAH LAKU GURU

FASE 1

Orientasi siswa kepada masalah

Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistik yang dibutuhkan, memotivasi siswa terlibat pada aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.

FASE 2

Mengorganisasikan siswa untuk belajar

Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut.

FASE 3

Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok

Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen, untuk mendapatkan pejelasan dan pemecahan masalah.

FASE 4

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, video, dan model dan membantu mereka untuk berbagi tugas dengan temannya.

FASE 5

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyeledikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan.

 

D. LINGKUNGAN BELAJAR DAN SISTEM PENGELOLAAN

Tidak seperti lingkungan belajar yang terstruktur secara ketat yang dibutuhkan untuk pembelajaran langsung atau penggunaan yang hati-hati kelompok kecil pada pembelajaran kooperatif, lingkungan belajar dan sistem managemen pada PBI dicirikan oleh : terbuka, proses demokrasi, dan peranan siswa aktif. Dalam kenyataan, keseluruhan proses membantu siswa untuk menjadi mandiri, siswa yang otonom yang percaya pada keterampilan intelektual mereka sendiri memerlukan keterlibatan aktif dalam lingkungan berorientasi inkuiri yang aman secara inetelektual. Meskipun guru dan siswa melakukan tahapan pembelajaran PBI yang terstruktur dan dapat diprediksi, norma disekitar pelajaran adalan norma inkuiri terbuka dan bebas mengemukakan pendapat. Lingkungan belajar menekankan pada peranan sentral siswa bukan guru.

E. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

AREAL DOWNLOAD RPP

  1. Versi Microsoft Office Word 2007.  download
  2. Versi Microsoft Word Office 2003.  download from Ziddu, download from 4shared
  3. Versi Adobe Raeader. download from Ziddu,  download from 4shared
About these ads
Categories: model pembelajaran | Tags: , , , , , , , , , , , | 11 Komentar

Navigasi tulisan

11 gagasan untuk “MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN DOWNLOAD RPP

  1. mksh tulisannya tambah2an buat bacaan saya pak….

  2. bagus bgt isi blogna… :)

  3. apakah PBI Ini cocok Tuk smua Plajaran Biologi gak???
    Tolng BlasanNya,,,

  4. Tingkatkan terus kreatifitas, ditunggu kunjungannya di blog http://pcahyono.blogspot.com/

    Salam kreatif…

  5. maharani

    klu boleh saya mominta tolong ada gak link download buku tentang PBI …klu ada tolong kirimin ke email saya : khalisamaharani@yahoo.com
    terimakasih atas bantuannya..

  6. pecho

    terimakasih pak, oh ya bapak kal ada model pembelajaran PBI yang materinya tentang listrik dinamis. hmhmhm. sekali lagi makasih bapak.

  7. mantap pak tulisannya

  8. agra

    pak, apakah PBL dan PBI itu sama?? saya masih bingung….jikalau berbeda, tolong diberi tahu dimana letak perbedaanya!

  9. gurubangkit

    Tulisan yang oke banget lanjutkan terus prestasi anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: