PEDOMAN OPERASIONAL STANDAR (POS) UJIAN NASIONAL TAHUN 2012


Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2011/2012 sudah dipastikan digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Jakarta.

Ujian Nasional untuk tingkat SMA/MA/SMK akan dilaksanakan pada tanggal 16 – 19 April 2012 dan UN Susulan pada tanggal 23 – 26 April 2012. Sedangkan untuk tingkat SMP/MTs akan dilaksanakan tanggal 23 – 26 April 2012 dan Ujian Susulan pada tanggal 30 April – 4 Mei 2012.

Peraturan-peraturan yang berlaku pada tahun pelajaran ini tidak akan jauh beda dengan ujian tahun lalu yaitu jumlah paket soal tetap 5 paket soal hanya yang berubah adalah percetakan soal dimana pencetakan soal akan terpusat dan ditangani oleh pemerintah pusat tidak lagi diberikan wewenang kepada provinsi.

Peraturan Menteri dan POS UN Tahun Pelajaran 2011/2012 sudah keluar, dan dapat di download disini.  Disamping itu yang harus dilakukan sekolah pada saat ini adalah persiapan diantaranya sekolah harus mempersiapkan pengolahan nilai sekolah. Untuk pengolahan nilai sekolah ini, khusus untuk SMP/MTs dapat diproleh pada link berikut :

  1. Pengolahan Nilai Sekolah SMP/MTs download disini.
  2. Biodata Peserta Ujian Nasional TP. 2011/2012 Versi Offline semua jenjang (User name : admin, Password : Admin43)
  3. Link Biodata Ujian Nasional Online : http://biounsmp.org/ -Khusus NTB, daerah lain menyesuaikan- (SMP/MTs  : Username : PNTB23xxyyy Password : PNTB23xxyyyP  Untuk SMA/MA/SMK silahkan masuk ke link berikut http://202.122.8.53

Sebagai bahan persiapan, sementara Permendiknas dan POS UN TP. TP 2011/2012 keluar, tidak ada salahnya untuk belajar dari POS UN TP. 2010/2011 berikut :

  1. SK POS PERCETAKAN UN SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, DAN SMK TAHUN PELAJARAN 2010/2011
  2. PEDOMAN OPERASIONAL STANDAR (POS) UN SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB DAN SMK TP. 2010/2011
  3. SALINAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 45 TAHUN 2010 TENTANG KRITERIA KELULUSAN PESERTA DIDIK PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH, SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA, SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH, SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA, DAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
  4. SALINAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 46 TAHUN 2010 TENTANG PELAKSANAAN UJIAN SEKOLAH/MADRASAH DAN UJIAN NASIONAL PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH, SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA, SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH, SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA, DAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
  5. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB DAN SMK TAHUN PELAJARAN 2010/2011
  6. PREDIKSI SOAL UJIAN NASIONAL SMP/MTs  TAHUN PELAJARAN 2010/2011 MATA PELAJARAN MATEMATIKA
  7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 84 Tahun 2009 Tentang Perubahan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 75 Tahun 2009 Tentang Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB), Dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tahun Pelajaran 2009/2010
  8. Prosedur operasi standar (POS)Ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) Sekolah dasar, madrasah ibtidaiyah, dan sekolah dasar Luar biasa (SD/MI/SDLB) Tahun pelajaran 2009/2010

  9. Prosedur operasi standar (POS) Ujian Nasional SMP, MTS, SMPLB, SMALB, dan SMK Tahun Pelajaran 2009/2010

  10. Prosedur Operasi Standar (POS) Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) Tahun Pelajaran 2009/2010

Khusus untuk madrasah, tahun ini akan semakin berat dikarenakan Departemen Agama memberlakukan evaluasi akhir secara nasional yang dikenal dengan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN). Kisi-Kisi Soal UAMBN dapat dilihat disini.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)

PERATURAN-PERATURAN UJIAN NASIONAL TP. 2008/2009.

  1. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 78 Tahun 2008 Tentang ujian nasional sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah/sekolah menengah pertama luar biasa (SMP/MTS/SMPLB), sekolah menengah atas luar biasa (SMALB), dan sekolah menengah kejuruan (smk) tahun pelajaran 2008/2009. download
  2. Peraturan Menteri pendidikan nasional Nomor 82 tahun 2008 Tentang Ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) Untuk sekolah dasar /madrasah ibtidaiyah/Sekolah dasar luar biasa (SD/MI/SDLB) Tahun pelajaran 2008/2009. download
  3. Keputusan Badan standar nasional pendidikan Nomor 1514/BSNP/XII/2008 Tentang Prosedur Operasi standar (POS) ujian akhir sekolah Berstandar nasional (UASBN) untuk sekolah dasar/madrasah Ibtidaiyah/sekolah dasar luar biasa (SD/MI/SDLB) Tahun pelajaran 2008/2009. download
  4. Keputusan Badan standar nasional pendidikan Nomor 1513/BSNP/XII/2008 Tentang Prosedur operasi standar (POS) ujian nasional (UN) Untuk sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah (SMP/MTS), sekolah menengah pertama luar biasa (SMPLB), Sekolah menengah atas luar biasa (SMALB), dan sekolah Menengah kejuruan (SMK) tahun pelajaran 2008/2009. download

LATIHAN-LATIHAN SOAL UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009

  1. Prediksi Soal Matematika Ujian Nasional SMP Tahun 2009. download
  2. Prediksi soal Bahasa Inggris Ujian Nasional SMP Tahun 2009. download
  3. Prediksi soal Bahasa Indonesia Ujian Nasional SMP Tahun 2009. download
  4. Kunci jawaban Prediksi soal Bahasa Indonesia Ujian Nasional SMP Tahun 2009.download

SELAMAT BELAJAR, SEMOGA SUKSES. AMIN……………

SALINAN

Prosedur operasi standar (POS)Ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) Sekolah dasar, madrasah ibtidaiyah, dan sekolah dasar Luar biasa (SD/MI/SDLB) Tahun pelajaran 2009/2010

Categories: UJIAN NASIONAL | Tags: , , , , , , , , , , , | 166 Komentar

Navigasi tulisan

166 gagasan untuk “PEDOMAN OPERASIONAL STANDAR (POS) UJIAN NASIONAL TAHUN 2012

  1. sya amat membutuhkan POS UN 2012

  2. Muliyadi

    Apakah POS 2011/2012 itu sudah permanen

  3. alwan raro

    slm super…
    mohn ptunjuknya……. mklum msh bru…

  4. nurislah

    skl tahun 2012 ad gak….
    mhon di terbitkan kalau sudah ada..
    thank’s before..

  5. Ping-balik: PEDOMAN OPERASIONAL STANDAR (POS) UJIAN NASIONAL TAHUN 2012 « SMA NEGERI 18 GARUT

  6. Trimakasih pak nurman untuk informasinya. Jadi kira2 kapan kita bisa mengetahui POS UN 2012 keluar pak? di web mana kita memantaunya. Selama ini saya memantau di webnya BSNP (http://http://bsnp-indonesia.org/) mungkin pak nurman punya web resmi lain yang uptodate melaporkan POS ini ?
    Sekian terimakasih.

  7. macam macam ja ide ne..kmrin ja kita dah sngat pusing malah d tambah ge…mareka tau apa,klo anak2 gak lulus guru y jdi ssran,,maklum lah jadi abdi negara…mendingan diam n sabar ja.

  8. jin

    ampun….. pemerintah
    2 pket aj dah mnta ampun…
    masa bwt 6 pket ge…….
    klu 6 pket sharus’y ad remedial….
    tolong pemerintah arus ad remedial klu tdk tahun 2011 in pst bnyk siswa smp maw pun sma yg ngk lulus….
    ksihn kmi
    pleassssss bwt ad REMEDIAL
    Plssssssss

    dr:pulau sumater provinsi riau kecamatan bangko

  9. ujian nasional bedakan jenjangnya bung ok

  10. Agus Salim

    ujian SMA koq pake nilai standar, emangnya ijazah SMA laku buat apa sih, ikut cpns g’ bisa, sertifikasi guru ndak boleh…. mbok kaya dulu aja !!!

  11. puji

    pak memang beneer ada 5 paket

  12. Assalamualaikum…
    Salam kenal, saya senang sekali menemukan blog kang Nurman ini. Sayang baru menemukannya sekarang,
    Mengenai skl tahun 2011 ini sebetulnya lebih mudah lebih rendah dari tahun sebelumnya, karena untuk penentuan kelulusan menggunakan nilai gabungan dari nilai rapor, nilai US dan UN, kemudian juga nilai praktek.

  13. ika

    ddddddduuuuuuuuuuhhhhh
    ujian lagi,ujian lagi
    stress lah aku :-(

  14. Conh

    Boleh juga,

  15. makin setres ne gw selaku murid, pemerintah gak mikir panjang ya. . .masak udah ada UN di buat UAMBN lagi. . . .mampus lah kami murid. . . .tolonglah wahai bapak-bapak DEPAG jgn membuat kami makin setres.

  16. eko heri

    jangan menganggap momok ujian nasional, klo belajar rajin paham dengan pelajarannya pasti lulus, klo saya lebih se7 klo soal tidak hanya 5 paket, klo perlu 20 paket untuk mengurangi kecurangan dalam ujian nasional supaya nampak keberhasilan pendidikan di Indonesia

    • fahrul

      kalow ngmong mudah bayangkan bila anda seperti kami, .kelaut aj o

    • Adi Khrisna

      daripada repot2 pakai soal sbanyak 5, mendingan 1 kelas buat 1 peserta aja, skalian yang jaga 5, gitu malah lbih gampang…
      prasaan tahun angkatan kami kenapa selalu dipersulit, demikian juga waktu kami smp dlu.
      Boleh seh mempersulit soal, tapi secara bertahap dong. gag langsung kayak gini, uda paket soal sbanyak 5, mbagikannya paket jga tidak tentu lagii.. gtu ga ada ujian susulan. sangat berbanding 180 derajat dari tahun kemarin

  17. gegerudy

    Mau 2 paket, 5 paket, 10 paket … sama aja soalnya, cuma nomor urut soal yang di ubah………
    nyontek itu ya pasti ada……..

  18. thank infonya pak

  19. utari

    aku pengen ujian nanti soal nya mudah mudah yah .
    soal nya aku belum jelas sama pelajaran ipa fisika dan ipa biologi :)

  20. Susyanto

    Dengar2 UN sekarang ada 5 paket
    yang benar 2 atau 5 paket
    mohon penjelasanya
    terima kasih…

    • utari

      kata kepalah sekolah aku sekarang brtambah paket nya jadi 5 emang bener .?

    • suas

      benar ada 5 paket dalam satu ruangan untuk menghindari kecurangan

      • Alif

        mau 5, 10 atau 20 paket kalo msh ada yg jual kunci jawaban soal un murid tak akan kelabakan. kalo mau ngukur kecerdasan anak jgn pake ujian tulis, pake aja sistem ujian lisan pasti g bisa curang.

  21. selvi

    mas mana POS UASBN SD 2011nya napa nda di publikasikan kami sngat membutuhkanya .
    balas

  22. hatur nuhun filenya kang ……. dupi akang linggih di mana ?

  23. lenie

    Thx bgt. Ntar law ada berita terbaru kirim ke Qta2 Ya….

  24. Salam kenal dari guru muda yg baru belajar blogger di Bima_NTB, kita sama pak berbasis matematika

  25. Pak, postingan ini saya copas ke blog saya ya!trims

  26. urian firmansyah

    kenapa pemerintah makin menyulitkan mayarakat kecil, korupsi aja yang di urus malah ujian belum bisa di tuntaskan

  27. ISTI

    Ass. mohon diberi tahu tentang paket soal ujian tahun ini. jadi ada berapa paket soal? A dan B or satu ruang ujian beda semua. terimakasih
    balas ya,,,,,,, wassalam

    • nurmanspd

      ada dua versi tentang paket soal ujian UN. pada pos percetakan soal, dikatakan setiap amplop berisi 5 paket soal. tetapi pada pos un pada slide sosialisasi dijelaskan paket soal terdiri dari dua paket yaitu paket A dan B. untuk lebih jelasnya, kita tunggu sosialisasi dari dinas pendidikan kab/kota daerah setempat. :)

  28. jadi ada berapa paket soal dalam satu ruangan ujian?????? bingung…. apa 2 atau 5 sesuai pos percetakkan? tolong jawab ya

    • nurmanspd

      kita tunggu sj ya petunjuk teknis selanjutnya, krn sp sekarang blm ada pembekalan tentang ini. yang terpenting sekarang adalah bagaimana kita mempersiapkan anak-anak kita dalam menghadapi un ini. tanks atas kunjungannya :)

    • nurmanspd

      kalau mengacu pada pos percetakan un maka jumlah paket soal un tp 2010/2011 adalah 5 paket :)

    • utari

      kata pak kepala sekolah aku sekarang ada 5 paket

      • nurmanspd

        kalau yang SMA/MA, SMK sudah pasti 5 paket, tetapi kalau SMP/MTs. masih menunggu juknisnya mgkn minggu depan baru kelar semuanya, apa 2 paket atau 5.

  29. Ping-balik: POS UN 2011 « Blog Serba serbi

  30. POS dan SKL sangat bermanfaat dalam menghadapi Ujian Nasional

  31. Bu Tien

    Assalamu’alaikum…..
    Salam kenal pak Nurman, terimakasih info tentang POS UN, ada yang belum dimengerti US/Ujian Sekolah untuk seluruh mata pelajaran , ujiannya seperti apa? apa harus menyelenggarakan sendiri ujian sekolah nya..? makasih….

  32. Narno Kikil

    POS UN SMP yang saya maksud POS UN SMP 2011

    • nurmanspd

      pos un tidak dibedakan untuk setiap jenjang pendidikan pak, jd di pos un itu mengatur semua pelaksanaan un untuk jenjang pendidikan SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, dan SMK. Jadi dokumen yg ada di blog ini adalah termasuk pos SMP 2011 yang bapak maksud. :)

  33. Narno Kikil

    mengapa POS UN SMP tidak bisa dibuka setelah didownload.

  34. Didik Purwoto

    Ass.Wr.Wb.
    Makasih atas infonya,demikian besar jasa pak Nurman, semoga mendapat limpahan pahala yang berlipat ganda dari Alloh SWT. sekali lagi makasih.
    Wass.Wr.Wb.

    • nurmanspd

      waalaikumussalam. amiin ya rabbal alamin. terimakasih atas kunjungannya :)

  35. abie

    terimakasih pak, sungguh membantu.

  36. Trimakasih Infonya pak.. dah lama nyari-nyari.. Kami nunggu POS UAMBN 2011 untuk MTs kami…Salam

  37. AGUS

    TRIMAKASIH INFONYA

  38. dwi haryoto

    Numpang nyedot ya mas. Maturnuwun informasinya. Slam kenal

  39. Kundang

    Tolongdong Bagi Permen yang mengatur UASBN 2011

  40. terimakasih atas informasinya.

    • nurmanspd

      silahkan pos un di download pak

      • Narno Kikil

        dah didownload, tapi gak bisa dibuka, apakah ada masalah pada saat men-download

      • nurmanspd

        downloadnya mgkn blm sukses mas, atau mgkn di kompt blm diinstall adobe reader

      • Narno Kikil

        udah ada adobe reader, bahkan tuk permen 25 da 26 bisa dibuka

  41. agus adji

    POS UN kok blum kluar sich???
    ada yang bisa ngasi info gak??

  42. NOERLAELATI

    alhamdulillah ini yang ditunggu-tunggu,
    hatur nuhun sudah diperbolehkan download,
    semoga mendapat balasan dari ALLOH SWT.

  43. Assalaamu’alaikum wr.wb.
    terimakasih pak atas informasinya

  44. Jamaludin

    Ass. ww. saya sangat berterima kasih bisa singgah di blog pak Nurman dan alhamdulillah apa yg saya cari ternyata ada yakni permen ttg un 2011. Semoga dlm waktu dekat blog ini segera memuat POS UN 2011 maupun POS UAMBN/UASBN. Dan kebetulan sekali saya juga mengajar di MTs. sesekali boleh kan pak nanya ttg sesuatun yg berkaitan dg MTs ?

  45. setiap saat penentuan kelulusan UN berobah. Itu artinya sistim pendidikan kita masih try and error, maka dampak yang ditimbulkan sangat luas baik untuk sekolah maupun masyarakat pada umumnya. Dampak buat sekolah selain sebagai penyelenggara ditambah dengan menghadapi persepsi masyarakat yang tidak memahami sistim yang ada. Tidak hanya itu, Indonesia dari sabang sampai merauke memiliki sekolah sampai ke pelosok tentu memakan banyak waktu untuk sosialisasi.
    Disarankan buat Kemendiknas agar setiap kali melakukan perobahan telah dikaji minimal setahun sebelumnya dan perubahan itu telah diterima sekolah pada awal tahun pelaksanaan UN agar benar benar dapat dipahami konsep dan pelaksanaannya.
    Semoga UN 2011 sukses..

  46. irhamudin

    kami sangat membutuhkan POS UN 2011 pak kepala BSNP …!!

  47. kenapa sih pelajaran agama harus masuk ujian nasional ?

  48. arief

    kapan ya mas keluar PERMEN DINKAS No 45 dan 46 th 2010.. dan POS UN 2011..
    Mohon Infonya..

  49. kenapa tahun 2011 ni pelajaran agama ikut di UN kan y??

  50. UAN dari tahun ke tahun koq selalu ada perubahan, kali ini katanya ada bidang agama lagi, alasannya napa y?? kalo UN mau di jadikan penentu ato barometer keberhasilan pendidikan seharusnya di tentukan kesepakatannya jangan berubah-ubah terus

  51. sahrir

    kalo UN ingin dijadikan bahan evaluasi atau barometer keberhasilan pendidikan, jangan jadikan sebagai standar kelulusan karena datanya pasti tidak valid/rusak. Mana sih ada sekolah yang mau melihat siswanya gagal. Tapi bila bukan penentu kelulusan, PASTI MURNI. Cobalah belajar dari model UN tahun 1985 yang betul-betul murni, kalau murni maka data tersebut dapat dijadikan barometer nasional untuk menentukan kebijakan pendidikan kedepan. Ok Bro.

  52. sahrir

    kami sudah sangat membutuhkan SOP san SKL SMP 2011. kapan ya bisa dipublikasikan ?

  53. bennu mubarok

    bapak para petinggi pendidikan tolonglah jangan membuat keputusan yang mendadak, masak mau mencari kwalitas tapi masiiiih aja ada KKN, anak didik kita sebenarnya sudah sangat antusias dengan UN dan menyambut baik hal tersebut, kok POS UN sampai sekarang beluuuum aja muncul.. OK pak trims …

  54. .muhammad handal hamdallah

    un itu adalah antuh bagi siswa zaman sekarang…………

  55. .muhammad handal hamdallah

    un itu gak usalagi diadakan yayayayayayayayayaya….

  56. Drs. Halim, M.Pd

    Memang Pelaksanaan UN kali ini nampaknya lebih baik dan lebih murni seandainya kebikan yang diambil bisa menyentuh pada perkembangan proses pembelajaran dari awal sampai akhir, para guru dilapangan juga merasa bahwa apa yang telah diberikannya kepada siswa dapat dipertanggungjawabkan secara murnidan jujur.

  57. suprijadi

    Tolonglah kalau memang sudah mempunyai POS UAN segera dipublikasikan, karena banyak yang butuh bung, jangan disimpan saja nanti basi atau dari Kementrian Pendidikan Nasional belum turun, sehingga tidak ada yang diturunkan ? Kalau mamang sudah ada tolonglah kirim via Email saya trim sebelumnya

  58. efendi

    seyogyanya berita itu selalu uptodate, artinya apabila ada perbedaan isi dan waktu agar tidak membuat pembaca menjadi bingung.

  59. irhamudin

    saya sangat setuju prosedur kelulusan di UN 2011 ini, sebab pendidikan memang harus dinilai proses dari awal s.d akhir bukan final di nilai UN

  60. alfan

    bagus juga blog ini dan bermanfaat bagi dunia pendidikan. lebih banyak lagi materi-materinya. kalo bisa materi/bahan ajar yang ber-IT atau software pendidikan! terima kasih.

  61. P.L.Tobing, ST

    UN sudah diambang pintu agar segera mengeluarkan POS dan SKL UN 2011 dan contoh-cotoh perhitungan nilai untuk kelulusan agar sekolah mengetahui rumusnya. Selamat Natal & menyambut Tahun baru 2011.

  62. Pak tolong, POS UN SMP 2011nya dimuat kalau sudah ada. Sekolahku sangat membutuhkan. Sekalian SKL UN SMP 2011. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih. Salam kenal..

  63. yanto

    kalau menulis blog tulis dengan jujur.
    Kalau ngak punya pos un 2011 jgn di tulis punya

    • nurmanspd

      sabar mas, kita semua nunggu keluarnya POS UN tahun 2011, yang terpenting sekarang persiapannya mas, dan kita bisa belajar dulu dari POS UN tahun lalu :)

  64. rifyaludin hazmi

    gimna cra’y bisa lulus

  65. muhamad davidson

    sebentar lagi un SMP tapi saya lum punya POS tolong kirim dong

  66. haniif m.i

    apa kah ujian nasional sangat penting bagi pendidikan di indonesia terima kasih.

  67. makasih banyak atas link downloadnya…sangat bermanfaat

  68. Saya setuju dengan adanya UN kalau sebagai tolok ukur untuk melihat sejauhmana kemampuan siswa pada suatu sekolah, namun jangan menjadi tolok ukur kelulusan siswa. Kelulusan siswa hendaknya ditentukan oleh sekolah masing2 berdasarkan nilai uas dan nilai lain dari sekolah itu sendiri. Mohon puloa dikirim POS UN 2010 ke Email ini. Trima kasih

  69. Yunus

    Kok jadwab UN mundur dari 15 Maret untuk SMK, kalo belum final jangan di tayangkan di Internet

  70. muhamad zainudin

    tolong kirimkan POS UN 2010 ke alamt ini

  71. Terima kasih,
    Bagi siswa SMK yang Prakerin pada smt 5, waktu belajar menghadapi U N sangat sempit

  72. wawan

    sepertinya Ujian NAsional dipercepat karena Mendiknas Khawatir di dahului oleh surat Putusan MA. karena surat Putusan MA mengenai Peniadaan Ujian Nasional belum sampai ke Mendiknas, maka UN dipercepat . . . .
    seperti kata Pepatah : ” Siapa Cepat Dia Dapat ”
    kalau Ujian ditetapkan sesuai dengan Kalender Pendidikan, khawatir Putusan MA udah terbit, batal dech ujian . . . . . . .

  73. dedi karmedi

    makasih kami telah nyedot pos un th.2010 buat pedoman kami di sekolah !…

  74. Hary Effendy

    mari para guru di Indonesia tercinta ini untuk senantiasa dengan ikhlas memberikan ilmu dan uswah khasanah kpd anak didikk kita agar moral dan mental ikut terdidik. Tidak hanya pandai otaknya aja tapi moral dan mental ?0?0? globalisasi informasi jangan menjadikan kerusakan moral dan mental. OK?

  75. ISTOFAN

    Kita setuju aja UN 2010 dilaksanakan. dengan syarat JANGAN DIJADIKAN SALAH SATU SYARAT LULUSNYA SISWA. JADI KELULUSAN SISWA KEWENANGAN ADA DI SEKOLAH PENYELENGGARA.

  76. alvin

    Tolong dikirimkan POS UN 2010 ke alamat email ini !

  77. Amirudin Sunge, S.Pd

    Mohon dikirim POS UAN 2010 melalui E-Mail ini

  78. makasaih telah nyedot pos un sma 2010, salam suksek
    ok

  79. Ping-balik: UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL (UAMBN) « MAN BLOG PERSONAL

  80. Ma’af, penulisan linknya kurang tepat.
    Ini yang benar. http://www.smpn24smd.co.cc/UN%202009-2010.html

  81. Ma’af, sekedar sharing informasi. POS UN 2010 tuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA sudah terbit. Silahkan Unduh di http://www.smpn24smd.co.cc/UN 2009-2010.html.
    Terima kasih atas blognya bang Nurman. Saya banyak belajar dari blog Abang. Trims banget.

    • nurmanspd

      Terimakasih pak karena telah mengunjungi blog sederhana ini, situs sekolah bapak juga bagus, tapi kok link pesannya tidak ada respon, semoga pendidikan kita terus berjaya dan semakin sempurna, baik ditingkat peraturan perundang-undangan maupun implementasinya :)

  82. yanu

    jadi di sosialisasikan gak???kami menunggu kabarnya……

  83. IBRAHIM

    Yang terpenting itu POSnya karena itu berkaitan dengan tiknisnya, apa susuahnya wong sudah ada permen ? masih belum berani tegas pula ! agar kita tidak terombang ambing oleh berbagai isuuu yang menyesatkan !

  84. pos sesegera mungkin untuk di sosialisasikan terutama daearah pinggiran macam awak ini…

  85. Kapan POS UN 2009/2010 bisa didownload ? jika suada bisa saya diberitahu. Tmksh.

    • nurmanspd

      Sabar Mas ya, kita msh sama2 menunggu, semoga BSNP segera menjawab keresahan kita tentang POS UN ini. Salam :) :)

  86. keliks

    dengan adanya UN ulangan melegakan or t krena bg SMP merupajan Wajar, jika banyak siswa tdk lulus wqajar akan terhasbat . kami ucakan terima kasih BNSP

    • nurmanspd

      benar sekali mas, tapi yang terpenting adalah mari kita arahkan siswa kita untuk lbh giat belajar bukan dengan tujuan utama lulus ujian nasional melainkan untuk penguasaan ilmu pengetahuan itu sendiri. mari kita persiapkan mereka supaya mereka siap menerima tongkat estapet dari kita pendahulunya. semoga dipundak mereka bangsa ini bisa sejajar dengan bangsa maju lainnya.

    • imran tahir

      UN ulangan adalah bentuk pembubuhan karakter akan hakiki pendidikan dan pengajaran pada siswa. Mulai saat ini marilah kita sadari bahwa anak kita (siswa) sekolah bukan untuk lulus semata tetapi hal yang hakiki adalah bagaiman siswa belajar untuk menguasai materi yang dipelajari untuk kemudian mengantar siswa untuk lebih mudah lulus dari UN bahkan lulus di PT negeri.
      tidak perlu hawatir kan.

  87. sudarmin

    jika jumlah pemerhati seperti anda ada 100 orang maka pendidikan kita pasti sudah meningkat artinya bapak adalah orang yang sangat diharapkan oleh anak-anak bangsa yang haus pendidikan dan layaanan yangbaik. kami di jajaran pendidikan tentunya ingin banyak belajar dan mendapatkan infornasi yang akurat dan cepat agar di daerah dapat segera mempersiapkan diri dalam menghadapi UN misalnya serta kegiatan lain yang membutuhkan gerakan segera. salam hangat buat anda semoga dapat berjuang dengan cara membrikan info ke ujung tombak kegiatan pendidikan yaitu di sekolah di seluruh negeri selamat buat anda salam kompak selalu sekses untuk kita semua amin

    • nurmanspd

      terimaksih bapak, kita sebagai guru tugas utama adalah mendidik, dan ini yang sangat berat, krn di pundak kita ada tugas mulia untuk memanusiakan manusia :)

  88. Gazali Muhammad

    Bapak yth.
    Bapak kapan POS UN 2010 di keluarkan, jika udah di keluarkan saya minta tolong bapak kirimkan ke e-mile ini.
    saya dari dinas pendidikan kota tidore kepulauan

  89. Banyak guru yang kwatir dan merasa ngeri dengan UN, padahal sekarang UN lebih gampang dan mudah untuk lulus karena jauh-jauh sudah diberikan SKL, jadi guru tinggal bagaimana menfokuskan SKL dalam mengajar siswanya. dan siswa hanya mempelajari materi sesuai SKL, tidak perlu pelajari semua materi, beda waktu dulu kita harus pelajari semua materi pelajaran pada akhirnya tidak semua muncul diujian. jadi tidak perlu panik dengan UN, Insya Allah jika kita berusaha maksimal lalu bertawakkal kepada yang Kuasa maka kita akan BISA!!

  90. Yth,
    Sdr. Nurman yang baik, tolong dong aku dikirimai petunjuk teknis (bukan POS/permen 75) pelaksanaan ujian nasional (Ujaian Kompetensi Keahlian) SMK 2000/2010,

    • nurmanspd

      Bapak Pramono yg terhormat, mohon maaf dokumen yang bapak minta belum saya miliki, insya allah kalo saya punya akan saya kirim ke alamat email bapak. Terimakasih atas kunjungannya :)

  91. Haroe Sri Sadono

    Setuju donk sama usulnya mas saiful, biar pasar kerja atawa pasar kuliah yang nyeleksi tuh anak-anak yang dinyatakan TAMAT sekolahnya, lagian dengan demikian tidak akan terus menerus jadi ………. kambing hitam, kelinci percobaan, atau …… yang lain-lain, oke

    • SAIFUL BACHRI

      Trims buat mas Haroe SS atas rsponnya, yuk kita populerkan biar didenger oleh para pengambil kebijakan, dan selruh UMMAT PENDIDIKAN, klo sdh begitu kan para ortu tdk perlu takut ada anaknya yang pingsan
      oh ya anda ini dmn posisinya?
      klo saya di Lumajang Jatim?

      Balas donk, thanks

      Wassalamualaikum

  92. nurhidayat

    tolong kirimkan skl untuk MA bos!

  93. widodo

    I hope It can be better than before. I’m still looking for ‘POS UN 2010″, Can anyone help me, please ?

  94. thank’s… keren bos… ditunggu kunjungan baliknya…

  95. Harry

    Sebagai guru yang langsung bersentuhan dg peserta didik dan dengan pengalaman beberapa tahun pelaksanaan UN, sangatalah wajar bilamana para guru dan Kepala sekolah menjadi stress untuk memikirkan agar anak didiknya berhasil dalam UN. Upaya pemerintah untuk memetakan mutu pendidikan di tanah air sangat baik, namun perlu dicarikan solusi yang terbaik juga. Dengan terbitnya permendiknas tentang 8 standar pendidikan, banyak Kepala sekolah belum begitu paham apalagi menyentuh ke tataran para guru. Belum lagi sulitnya untuk merubah paradigma tentang pendidikan saat ini, apalagi memenuhi 8 standar tsb. Jadikan UN untuk pemetaan/grade sklh bukan salah satu penentu kelulusan.Jika dipaksaan guru akan kehilangan idealisme dg mencari berbagai cara untuk meyelamatkan siswanya. Belum lagi tekanan politis agar pemerintah daerah melalui Disdik kabupaten/kota mampu meningkatkan kelulusan peserta didik di daerahnya.Ujung-ujungnya para kepala sekolah kena imbasnya. Jika kita mau objektif mengapa ketika ada uji test pemantapan UN dari propinsi banyak sekolah tingkat kelulusannya 0 % ,tetapi ketika UN jadi berubah 100%.sesuatu yg mustahil. Sebuah renungan apakah kita selalu bersandiwara untuk mengahsilkan generasi muda yg bermutu ? Hanya Group Good Bless yang mampu menjawab dengan lagunya ” Panggung Sandiwara “….

    • Khoir

      se 7 banget bila UN bukan menjadikan satu-satunya sebagai penentu kelulusan siswa dalam 3 tahun dalam proses belajar, namun sebagai tolak ukur keberhasilan dan kualitas dalam sebuah lembaga pedidikan, semoga keputusan ini diterima pada semua kalangan.

  96. Penyelenggaraan Ujian Akhir, baik melalui UN maupun tanpa UN yang yang namanya kecurangan dan ketidakjujuran susah diberantas. Ketika Kelulusan ditentukan sekolah seperti jaman dulu, sekolah seenaknya memberi nilai yang tinggi (istilahnya mengjatrol), sehingga semua siswa lulus. Ketika kelulusan ditentukan oleh pusat (bukan sekolah), ketidakjujuran juga tetap jalan. Apapun caranya ketidakjujuran masih merajalela. Apapun makannya minumnya teh botol sosro. Wah jadi iklan ninch

    • Assalamu’alaikum…
      Mas Nurman, salam kenal.
      Sebenarnya kelulusan siswa mau diatur pemerintah seperti apapun kita tidak perlu gusar, yg penting kita harus berani intro peksi sejaub mana kita menjalankan tanggung jawab transfer ilmu kepada anak didik.
      Masalah kecurangan, selama dari pihak yang berwenang tidak tegas memberi sanksi, maka selamanya tindak kecurangan akan terus tinmbul.
      Apabila kelulusan diserahkan kembali kepada sekolah, apakah seluruh sekolah sudah siap untuk bertindak jujur dalam penilaian? Saya sepakat dengan pendapat mas Harry & mas Fatkoer.
      Mari kita tunjukkan dulu bahwa kita mampu berbuat jujur dalam pendidikan agar tidak melahirkan generasi sekelas para koruptor itu.

      Buat mas Nurman, mohon ijin ngutip info Unas, sekalian bertukar Link. Antar kita share, apa sajalah yg terkait dg dunia pendidikan, yang aku bisa.
      Spesialisasiku desain media belajar interaktif dg program paling sederhana (Power point) Insya Allah pertengahan Januari akan aku Upload.
      Mari berbagi ilmu demi kemajuan negeri. Mohon komentar juga di blog aku. Wassalam

      • nurmanspd

        betul mas, tidak hanya berani mas, tapi harus ada persiapan matang. disamping itu pula pemerintah harus lebih cepat mengadakan sosialisasi, tidak hanya sebatas konprensi pers tetapi sosialisasi nyata yang dibutuhkan oleh sekolah saat ini. Tanks atas kunjungannya :)

  97. ariesta

    Ya Allah,moga ja tmn2.q get success……
    AMIIIN….

  98. kipot

    KAlau ditinjau dari permen no.75 th. 2009 bahwa kriteria kelulusan tidak ada kenaikan, bahkan pelaksanaan ujian 2 kali, yaitu Utama dan Ulangan. dan mudah-mudahan tidak ada lagi yang namanya UJIAN PAKET, karena adanya ujian paket dapat menurunkan motivasi siswa untuk belajar.
    Melihat Permen pada pasal 14 dan 15, setiap ruangan ujian terdiri dari beberapa peserta dari satuan pendidikan lain, bagaima mekanismenya. apakah tak bikin repot, karena untuk UN yang terdiri sari satu satuan pendidikan aja ada 2 paket soal itupun harus dipisahkan, apalagi kalau lebih dari 2 sekolah karena logikanya jumlah satuan pendidikan yang terdapat dalam 1 ruang dikalikan 2 .kemudian pada pasal 15.
    Kalau geografi sekolah yang berjarak puluhan kilometer dengan medan yang sangat sulit / satu kec. 1 sekolah apakah mungkin disatukan/ digabungkan. kalaupun tidak bisa diterapkan pasa 14 tersebut berarti pengawasan tetap dari satuan pendidikan tersebut, akibatnya kecuranganpun masih bisa dilakukan, dan dalam pelaksanaan yang bisa menerapkan permen 75 hanya sekolah-sekolah yang ada di kota saja, berarti pelaksanaan permen tersebut tidak dilaksanakan sepenuhnya. kemudian yang sangat penting adalah sanksi hukum harus ditegakkan, oknum yangmelanggar harus ditindak sehingga yang berikutnya tidak akan terulang kembali (misalnya oknum yang melakukan kecurangan dipecat)

    • sepakat pak, kita tunggu saja POS UN 2009/2010, disana pasti ada petunjuk jelas tentang masalah ini.

      • ya sama dong kita-kita di sekolah siap2 aja melaksanakan apa yg di PERMEN kan dan di POS UN kan th 2010… Siap Gerak…..! cuma ya cape de ngejar materi Pelajaran Siswa pada belum tuntas Nie !

  99. muh khaerudin

    memang standar nilai kelulusan masih seperti tahun yang lalu, akan tetapi saya menilai peraturan menteri no 75 tahun 2009 pasal 14 dimana siswa akan mengerjakan soal di satuan pendidikan lain dimana setiap ruang terdiri dari beberapa siswa dari beberapa satuan pendidikan. saya meyakini hal tersebut akan mengganggu psikis siswa.

    • nurmanspd

      betul sekali pak, dan itulah hal baru yang sedang diujicobakan di un 2009/2010. dan apakah akan seterusnya dunia pendidikan kita sebagai kambing percobaan??????

  100. endang

    mas katanya UN dimajukan bulan Maret, tolong ditelusuri mas POS UN 2010, dan bagi sama kami

  101. Cakmano Donlotnyo ko… ngapo dak berhasil berhasil lah berapo kali ambo donlot. dari bengkulu ko… kami ko butuh nian mas SKL SD…Sampai nangis dibueknyo ndak donlotnyo ko…

    • nurmanspd

      sabar mas……. sorry filenya aku simpan di ziddu, kalo mo cepat downloadnya aku sarankan mas pakai Internet Dowload Manager (IDM), dan kalo mo lebih cepat lg daftar jd member di ziddu, pasti downloadnya ngebut, hehehe….

  102. Makasih banget Mas, sudah kasih informasi yang bagi kami sangat berguna. Silahkan kunjung balik ke blog kami.

  103. mahmud rahman

    UN 2010 …. waaah …. repot lagi nich!

  104. endang

    Assalamu’alaikum
    mas POS UN yang berlaku 208 opo 2009 toh?

  105. Drs. N. Harryson Bangun

    Saya perlu POS UN 2010 yg diterbitkan BSNP. Kalau Bpk punya, tolong hubungi ke e-mail saya. Terima kasih sebelumnya.

    • nurmanspd

      mohon maaf POS UN 2010 memang belum dikeluarkan oleh BSNP. insya allah kalo sudah keluar aku pasti buatkan link downloadnya, tapi kalo KISI-KISI UN 2010 sudah aku buatkan linknya diatas. terimakasih atas kunjungannya…….

  106. Rachmad

    Tolong Mas,kalau sudah ada dipublikasikan POS UN 2010

  107. marinoyustari

    mumet maneh ……sekolah nang ndeso…..ngisor nggunung lek wis muni Unas sing mumet duduk areke tapi malah gurune …. lha piye pancene gak muniiiii blasssss…..

  108. Mon Eferi

    Assalamu’alaikum…

    Salut dengan konten blog pak Nurman yg lumayan bagus dan bermanfaat baik guru ataupun siswa…
    Semoga blog ini terus dikembangkan dan materinya diperkaya, shg manfaatnya pun lebih terasa..
    Kalau bisa, tolong juga disediakan link untuk materi2 tingkat SLTA, sehingga segmen yg dijangkaunya semakin luas. Trim’s…

  109. nurmanspd

    sepakat mas

  110. saiful

    sederhana saja, agar UN tdk menjadi momok, hapuskan istilah LULUS dan ganti dengan TAMAT, jadi setiap siswa yang belajar selama 3 tahun dan menempuh UN dunyatakan TAMAT, sedangkan nilai UN nya dilampirkan di bagian belakang berpapun nilainya, biar lembaga yang lebih tinggi atau dunia kerja yang akan menilai. Mungkin dengan cara ini akan membantu menghilangkan upaya-upaya OKNUM untuk me “MARK UP” nilai UN dengan segala upayanya. Tidak akan ada siswa pingsan krn tdk lulus, semua siswa sama TAMAT dan menerima Surat Tanda TAMAT Belajar.
    mari kita renungkan

  111. Amriz

    Assalamu’alaikum Wr Wb.
    Ada informasi mengenai Ujian Sekolah Tahun 2010? Mohon di infokan mengenai POS US.
    Terima Kasih…

  112. UJIAN NASIONAL MEMANG MOMOK YG SANGAT MENGERIKAN

  113. jdi tekor nie dunlut semua…. maklum akses SSC ” Siput Speed Connection ” :mrgreen:

    tapi ntar saya rekomendasikan ke kalayak…

    • nurmanspd

      hehehe…. maklum msh belajar, tp tidak apa2 kan? selagi masih ada yang membutuhkan. tanks atas kunjungannya. oh ya mas, aku lg belajar cara buat tombol tukeran link tp tidak pernah sukses, kode tombolku g pernah muncul yang muncul tombolnya terus. mohon bantuannya………. salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: