Guru adalah salah satu profesi yang sangat menentukan masa depan peserta didik. Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya seorang guru harus mampu mamfasilitasi peserta didik untuk menguasai suatu ilmu pengetahuan yang dipersyaratkan dalam satuan dan tingkat pendidikan.
Secara garis besar tugas guru dapat disebutkan sebagai berikut.
- Melakukan proses belajar yang mengajar
- Melakukan evaluasi
- Melakukan analisis hasil evaluasi
- Melakukan kegiatan remedial dan pengayaan
- Melakukan kegiatan bimbingan
Dalam tulisanku kali ini akan membahas bagian yang kedua yaitu tugas guru dalam melakukan evaluasi.
Kegiatan evaluasi bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan peserta didik dalam menguasai kompetensi-kompetensi yang sudah distandarkan pada jenjang dan tingkat pendidikan tertentu. Untuk melakukan kegiatan ini seorang guru harus benar-benar mempersiapkan alat evaluasi yang tepat untuk mengukur kemampuan peserta didik. Berikut ini aku akan dijelaskan tahapan-tahapan dalam menentukan butir-butir soal evaluasi.
1. Membuat kisi-kisi soal
Tujuan dari pembuatan kisi-kisi soal adalah untuk membuat rambu-rambu dan acuan dari menyusun rumusan soal. Kisi-kisi soal dapat dijadikan gambaran awal seperti apa butir-butir evaluasi yang akan dibuat. Hal-hal yang penting yang harus ada dalam membuat kisi-kisi soal adalah sebagai berikut.
- Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar diambil dari kompetensi dasar mana yang akan diukur penguasaanya. Kompetensi dasar dipetik langsung dari Standar Isi Kurikulum 2006 yang dikeluarkan oleh pemerintah.
- Materi
Materi adalah materi pelajaran yang pernah dipelajari oleh siswa yang merupakan isi dari kompetensi dasar yang ingin diujikan.
- Indikator Soal
Indikator soal berbeda dengan indikator pembelajaran. Indikator soal merupakan diskripsi dari soal-soal yang ingin dibuat dan indikator soal ini harus mampu mengukur penguasaan dari indikator pembelajaran.
- Bentuk Soal
Merupakan bentuk soal yang dibuat, apakah pilihan ganda, uraian, unjuk kerja atau tes lisan.
- Nomor Soal
Merupakan nomor urut soal pada naskah soal. Nomor soal hendaknya ada keajegan dari struktur materi pembelajaran.
Contoh
KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL SEMESTER TAHUN PELAJARAN 2007/2008
Mata Pelajaran : Matematika
Penyusun : NURMAN, S.Pd.
Kelas / Semester : VIII / Genap
Sekolah : MTs. Negeri Aikmel
No | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator Soal | Bentuk Soal | Nomor Soal |
|
Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran | Unsur dan Bagian Lingkaran | – Diberikan sebuah lingkaran dengan bagian-bagiannya, siswa dapat menentukan nama dari bagian lingkaran yang ditunjuk- Siswa dapat menentukan panjang jari-jari lingkaran jika panjang diameternya diketahui | PG
PG |
1
2 |
|
Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran | Garis singgung persekutuan dua lingkaran | – Diberikan empat buah pernyataan, siswa dapat menentukan sifat-sifat garis singgung lingkaran.- Diberikan sebuah lingkaran dengan sebuah garis singgung yang melalui sebuah titik diluar lingkaran, siswa dapat menentukan besar salah satu sudut garis singgung tersebut.
– Diberikan sebuah lingkaran dengan sebuah garis singgung yang melalui sebuah titik diluar lingkaran, siswa dapat menentukan panjang garis singgung tersebut – Diberikan dua buah lingkaran dengan garis singgung persekutuan luar, siswa dapat menentukan panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran tersebut. – Diberikan dua buah lingkaran dengan garis singgung persekutuan dalam, siswa dapat menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran tersebut. |
PG
PG PG PG Uraian |
20
21 22 23 33 |
2. Membuat Kartu Soal
Setelah kisi-kisi soal selesai dibuat selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat kartu soal. Kartu soal merupakan penerjemahan dari kisi-kisi soal. Kartu soal berisi rumusan soal-soal yang akan dijadikan sebagai alat evaluasi.
Contoh
KARTU SOAL | |||
Nama Madrasah
Bahan kelas/semester Mata Pelajaran |
:
: : |
Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel
VIII / Genap Matematika |
|
Kompetensi Dasar :
Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran |
Nomor Soal
1
|
Rumusan Butir Soal
Dari gambar lingkaran diatas, juring ditunjukkan oleh nomor …………. a. I c. III b. II d. IV |
|
Materi Pokok :
Unsur dan Bagian Lingkaran |
Kunci Jawaban
B
|
||
Indikator :
Diberikan sebuah lingkaran dengan bagian-bagiannya, siswa dapat menentukan nama dari bagian lingkaran yang ditunjuk
|
|
||
KARTU SOAL | |||
Nama Madrasah
Bahan kelas/semester Mata Pelajaran |
:
: : |
Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel
VIII / Genap Matematika |
|
Kompetensi Dasar :
Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran |
Nomor Soal
2
|
Rumusan Butir Soal
Diketahui panjang diameter lingkaran 14 cm, maka panjang jari-jarinya adalah ……… (phi =22/7 ) a. 7 cm c. 12 cm b. 10 cm d. 14 cm |
|
Materi Pokok :
Unsur dan Bagian Lingkaran |
Kunci Jawaban
A
|
||
Indikator :
Siswa dapat menentukan panjang jari-jari lingkaran jika panjang diameternya diketahui
|
|
||
KARTU SOAL | |||
Nama Madrasah
Bahan kelas/semester Mata Pelajaran |
:
: : |
Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel
VIII / Genap Matematika |
|
Kompetensi Dasar :
Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran |
Nomor Soal
21
|
Rumusan Butir Soal
Perhatikan gambar diatas ! Nilai y = ……. a. 450 c. 1350 b. 900 d. 1800 |
|
Materi Pokok :
Garis singgung persekutuan dua lingkaran |
Kunci Jawaban
A
|
||
Indikator :
Diberikan sebuah lingkaran dengan sebuah garis singgung yang melalui sebuah titik diluar lingkaran, siswa dapat menentukan besar salah satu sudut garis singgung tersebut |
|
||
KARTU SOAL | |||
Nama Madrasah
Bahan kelas/semester Mata Pelajaran |
:
: : |
Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel
VIII / Genap Matematika |
|
Kompetensi Dasar :
Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran |
Nomor Soal
22
|
Rumusan Butir Soal
Perhatikan gambar diatas ! Panjang OQ = 6 cm dan panjang RP = 4 cm. Panjang PQ = ……. a. 8 cm c. 12 cm b. 10 cm d. 16 cm |
|
Materi Pokok :
Garis singgung persekutuan dua lingkaran |
Kunci Jawaban
A
|
||
Indikator :
Diberikan sebuah lingkaran dengan sebuah garis singgung yang melalui sebuah titik diluar lingkaran, siswa dapat menentukan panjang garis singgung lingkaran tersebut |
|
||
KARTU SOAL | |||
Nama Madrasah
Bahan kelas/semester Mata Pelajaran |
:
: : |
Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel
VIII / Genap Matematika |
|
Kompetensi Dasar :
Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran |
Nomor Soal
23
|
Rumusan Butir Soal
Perhatikan gambar di bawah ini ! Dua buah lingkaran yang berpusat di titik A dan B masing-masing berjari-jari 12 cm dan 4 cm. Jika jarak A dan b adalah 17 cm, maka panjang PQ adalah ……. a. 15 cm c. 19 cm b. 16 cm d. 20 cm |
|
Materi Pokok :
Garis singgung persekutuan dua lingkaran |
Kunci Jawaban
A
|
||
Indikator :
Diberikan dua buah lingkaran dengan garis singgung persekutuan luar, siswa dapat menentukan panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran tersebut |
|
||
KARTU SOAL | |||
Nama Madrasah
Bahan kelas/semester Mata Pelajaran |
:
: : |
Madrasah Tsanawiyah Negeri Aikmel
VIII / Genap Matematika |
|
Kompetensi Dasar :
Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran |
Nomor Soal
33
|
Rumusan Butir Soal
Perhatikan gambar dibawah ini ! Dua lingkaran yang berpusat di titik A dan B masing-masing berjari-jari 9 cm dan 6 cm. Jika jarak pusat lingkaran tersebut adalah 39 cm, hitunglah panjang garis singgung persekutuan dalamnya !
|
|
Materi Pokok :
Garis singgung persekutuan dua lingkaran |
Kunci Jawaban
|
||
Indikator :
Diberikan dua buah lingkaran dengan garis singgung persekutuan dalam, siswa dapat menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran tersebut |
|
||
3. Penyusunan Naskah Soal
Langkah terakhir dari tahapan pembuatan soal evaluasi adalah penyusunan naskah soal. Naskah soal ini dikutif langsung dari kartu soal sesuai dengan urutan nomor yang tertera dalam kartu soal.
Berikut aku berikan Link Download contoh kisi-kisi dan kartu soal
Link Download Kisi-Kisi dan Kartu Soal
Demikianlah langkah-langkah membuat soal evaluasi yang pernah aku lakukan, semoga bermanfaat untuk kemajuan pendidikan kita. Amiiiin…….
Kritik dan saran salalu aku harapkan dari pembaca yang sempat mengunjungi blog yang sederhana ini.
Rek,,, ayo rek… mlaku mlaku nan tunjungan…. Trrusss berkreasi mass, tarik,,, mang.,,,,,
yang matemaitka kelas 7 sekalian pak
sukron …
izin ngopi pak y !!, semoga bermanfaat
mas yang PAI kelas II donk!
kalau ada yang hal-hal yang penting dalam pendidikan tolong di kirim.
maturnuwun bantuanipun
saya puas dgn soal2x,,,,
THANKS BEFORE..
BUT , PLEASE WRITE THE ANSWER, HOW WE CAN DECIDE “a” FOR EXAMPLE….
HEHE…
cara ngedapetin nya donk…
terimakasih banget lho saya jd bs belajar nih dari soal2 ini..
thanks
Jazakumullah…
saya ikut berterima kasih kepada saudara yang sudah rela meningkatkan mutu pendidikan untuk anak-anak Indonesia
UN tahun ini mmg ada perubahan… cuma yg kami pertanyakan pada Para penentu Kebijakan… :
1. kenapa UN tdk dilksanakan saja sesuai KALENDER
PENDIDIKAN yg sdh ada !
2. UN yg ada sekarang … sebagai tolok ukur dunia pendi..
kita mereka semua pada blm tuntas materi… tapi harus
dikarbit supaya mereka bisa !
3. Sekolah ..! mereka berlomba berbagai macam cara –
untuk menunjukkan terIk-teriknya utk menghadapai
UN..apa dgn BIMBEL,…TRY OUT,…DLL … ini semua
pasti mengeluarkan biaya tdk sedikit !
KAMI HANYA BERBAGI RASA DAN PROBLEM… MUDAH-
MUDAHAN ADA YG MENDENGAR DAN MERESPON !
thank, kank
sekalian cara menentukan kognitifnya pak serta penjelasan kognitifnya…..terimakasih