STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SHORT DAN CONTOH RPP


Pada postingan kali ini saya ingin sedikit berbagi dengan para pembaca salah satu dari sekian banyak strategi pembelajaran yaitu strategi pembelajaran CARD SHORT. Strategi pembelajaran ini sangat cocok untuk diterapkan di kelas karena insya allah akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
Secara umum langkah-langkah strategi pembelajaran Card Short adalah sebagai berikut :

  1. Menentukan topik
  2. Pengantar kegiatan
  3. Guru memberikan kartu secara acak dan pastikan masing-masing siswa mendapatkan kartu tersebut.
  4. Masing-masing siswa mencari kartu nama yang sama sekaligus mengklasifikasinnya.
  5. Kesimpulan.

Sintaks strategi pembelajaran Card Short dapat dilihat pada tabel berikut :

SINTAKS KEGIATAN GURU KEGIATAN SISWA
Fase 1 :

Penyampaian tujuan dan motivasi

Kegiatan awal :

-   Apersepsi :

-   Motivasi

-   Menyampaikan tujuan pembelajaran

Siswa dapat mendengarkan dan menjawab pertanyaan dari guru dengan seksama

Siswa dapat mendengar dan berniat mempelajari materi

Fase 2 :

Menyampaikan informasi

Kegiatan inti

-   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan kajian pustaka.

-   Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari siswa pada kajian pustaka.

-   Guru merangkum sekaligus memberikan penegasan dan informasi tentang materi pelajaran

Siswa melakukan kajian pustaka

Siswa mendengarkan penjelasan guru (Eksplorasi)

Fase 3 :

Pembagian siswa dalam kelompok

Guru membagi siswa dalam kelompok belajar dan membagikan lembaran kartu secara acak kepada siswa dan memberikan penjelasan cara menyusun atau mengelompokkan kartu tersebut (Card Short) Siswa membentuk kelompok sesuai dengan nama-nama yang ada dalam kartu yang telah dibagikan (Elaborasi)
Fase 4 :

Membimbing kelompok kerja dan belajar

-   Guru membimbing kelompok belajar pada saat berdiskusi, mengamati dan melakukan penilaian minat belajar.

-   Guru membimbing siswa untuk menyajikan hasil kerjanya didepan kelas, baik secara individu atau kelompok.

Siswa bertanya jawab dengan temannya, bagaimana cara mengurutkan kartu dengan benar (Elaborasi)
Fase 5 :

Evaluasi

-   Guru memfasilitasi persentasi hasil kerja kelompok.

-   Guru mengamati dan melakukan penilaian terhadap persentasi yang dilakukan oleh siswa.

-   Guru memberikan klarifikasi dan kesimpulan

Antara kelompok saling menanggapi dan memberi umpan balik serta mendapat penguatan dari guru (konfirmasi)
Fase 6 :

Memberi penghargaan

Kegiatan Penutup

-   Refleksi

Guru menanyakan tentang perasaan siswa terhadap pelajaran hari ini apakah menyenangkan dan bermanfaat ? apakah materi pelajaran ini bermanfaat bagi kehidupan selanjutnya.

-   Pengayaan (PR)

Siswa diberikan tugas untuk merangkum dirumah materi pembelajaran hari ini

-   Guru memberikan penghargaan terhadap siswa baik secara individu maupun secara kelompok atas prestasinya.

Siswa memberikan jawaban dari pertanyaan refleksi

Siswa mengerjakan PR

Siswa menerima penghargaan dengan senang hati dan bertepuk tangan

Berikut ini adalah contoh Rencana Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembalajaran Card Short  : DOWNLOAD

Sumber : Materi Diklat Di Tempat Kerja (DDTK) Balai Diklat Keagamaan Denpasar di PSBB MTs. Negeri Model Selong Kabupaten Lombok Timur.

SISWA
Fase 1 :

Penyampaian tujuan dan motivasi

Kegiatan awal :

-   Apersepsi :

-   Motivasi

-   Menyampaikan tujuan pembelajaran

Siswa dapat mendengarkan dan menjawab pertanyaan dari guru dengan seksama

Siswa dapat mendengar dan berniat mempelajari materi

Fase 2 :

Menyampaikan informasi

Kegiatan inti

-   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan kajian pustaka.

-   Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari siswa pada kajian pustaka.

-   Guru merangkum sekaligus memberikan penegasan dan informasi tentang materi pelajaran

Siswa melakukan kajian pustaka

Siswa mendengarkan penjelasan guru (Eksplorasi)

Fase 3 :

Pembagian siswa dalam kelompok

Guru membagi siswa dalam kelompok belajar dan membagikan lembaran kartu secara acak kepada siswa dan memberikan penjelasan cara menyusun atau mengelompokkan kartu tersebut (Card Short) Siswa membentuk kelompok sesuai dengan nama-nama yang ada dalam kartu yang telah dibagikan (Elaborasi)
Fase 4 :

Membimbing kelompok kerja dan belajar

-   Guru membimbing kelompok belajar pada saat berdiskusi, mengamati dan melakukan penilaian minat belajar.

-   Guru membimbing siswa untuk menyajikan hasil kerjanya didepan kelas, baik secara individu atau kelompok.

Siswa bertanya jawab dengan temannya, bagaimana cara mengurutkan kartu dengan benar (Elaborasi)
Fase 5 :

Evaluasi

-   Guru memfasilitasi persentasi hasil kerja kelompok.

-   Guru mengamati dan melakukan penilaian terhadap persentasi yang dilakukan oleh siswa.

-   Guru memberikan klarifikasi dan kesimpulan

Antara kelompok saling menanggapi dan memberi umpan balik serta mendapat penguatan dari guru (konfirmasi)
Fase 6 :

Memberi penghargaan

Kegiatan Penutup

-   Refleksi

Guru menanyakan tentang perasaan siswa terhadap pelajaran hari ini apakah menyenangkan dan bermanfaat ? apakah materi pelajaran ini bermanfaat bagi kehidupan selanjutnya.

-   Pengayaan (PR)

Siswa diberikan tugas untuk merangkum dirumah materi pembelajaran hari ini

-   Guru memberikan penghargaan terhadap siswa baik secara individu maupun secara kelompok atas prestasinya.

Siswa memberikan jawaban dari pertanyaan refleksi

Siswa mengerjakan PR

Siswa menerima penghargaan dengan senang hati dan bertepuk tangan

 

About these ads
Categories: model pembelajaran | Tags: , | 3 Komentar

Navigasi tulisan

3 gagasan untuk “STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SHORT DAN CONTOH RPP

  1. eva

    aq ambil judul skripsi sprti ini. tp masih bingung menerapkannya.
    tolong dong bantuannya

  2. kiki yuliani

    strategix sangt bgus,,, n sngat membntu,,,

  3. XP2 Scout

    Keren materinya … wah bisa langsung dicoba nich …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d bloggers like this: