MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MS POWER POINT 2007


Media secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Sementara pendapat Yusuf Hadi Miarso dkk (1984:48) media adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri siswa.

Media yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat merangsang pemikiran siswa sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Sehingga media ini dapat diambil dari alam sekitar, alat-alat elektronik dan sebagainya.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi kepada kawan-kawan semua tentang bagaimana cara kita dapat membuat media pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Office Power Point. Tetapi sebelumnya mohon maaf kepada semua kawan-kawan yang sudah mahir, karena bukan maksud saya menulis ini untuk menggurui, tetapi tulisan saya ini lebih bertujuan untuk saling berbagi dan khusus bagi kawan-kawan yang masih pemula dalam menggunakan Power Point semoga bisa dijadikan sebagai masukan.

Langkah-langkah mebuat Slide Pembelajaran sederhana menggunakan MS Power Point 2007.

1. Pastikan di komputer atau laptop kawan-kawan sudah terinstall MS Office 2007 atau versi sebelum atau sesudahnya.

2. Klik menu start dari layar desktop kawan-kawan kemudian sorot All Program, Misrosoft Office, Microsoft office Power Point 2007, maka layar kerja power point akan muncul seperti gambar berikut :

3. Selanjutnya kawan-kawan, ketiklah judul slidenya pada kotak “Click to  add title” dan sub judul di kotak “Click to  add subtitle”

4. Setelah itu untuk menambah  slide yang baru klik toolbars ” new slide” seperti gambar berikut (lihat yang dilingkari dengan warna merah) :

5.  Kemudian kawan-kawan tinggal ketik sub judul dari slide pada kotak “Click to add title” dan ketik isi slide kawan-kawan di kotak “click to add text”

6. Jangan lupa kawan-kawan simpan filenya, ini hanya untuk antisipasi komputer kawan-kawan mati mendadak karena listrik mati atau yang lainnya.

7. Untuk melihat hasilnya kawan-kawan bisa klik toolbars “slide show” yang terletak di bagian “status bar” (lihat yang dilingkari dengan warna merah)

8. Maka akan mucul seperti gambar berikut :

9. Untuk keluar dari layar slide show kawan-kawan bisa tekan tombol escape dari kewboard komputer kawan-kawan.

Muncul pertanyaan “kok slidnya tidak ada gerakan ?”, kawan-kawan jangan patah semangat. Berikut ini saya akan berikan langkah-langkah membuat animasi pada slide, misalnya hurupnya bergerak atau yang lainnya sebagai berikut :

1. Klik menu Animations, kemudian klik “Custom Animation” lihat gambar yang dilingkari merah

2. Kemudian akan muncul kotak “Custom Animation” seperti gambar berikut :

3. Kemudian kliklah kotak yang mau dibuat animasinya kemudian klik “add effect” lihat gambar yang dilingkari merah

4. Kemudian kawan-kawan tinggal pilih model-model animasi yang ditawarkan oleh system.

5. Untuk melihat hasilnya klik “Play” atau “Slide Show”

6. Maka jadilah sudah slide persentasi kawan-kawan.

Itulah langkah-langkah sederhana yang dapat saya berikan kepada kawan-kawan sekalian. Dan berikut saya berikan Link download slide pembelajaran yang pernah saya buat, ini hanya sebagai contoh saja. DOWNLOAD.

About these ads
Categories: model pembelajaran | Tags: , , , , , , | 3 Komentar

Navigasi pos

3 thoughts on “MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MS POWER POINT 2007

  1. trimks moga kedepan agar kiranya yg termuat dalam blog ne lebih lengkap,jadi semua yang kunjungi blog ne terasa lebih bermanfaat…..semoga kita semua ttp dlam lindungannya sllu.amiin.wahyudi,bireuen aceh.

    • HERA

      Thanks ya pak. karena bapak saya bisa mengerjakan tugas mata kuliah saya.semoga Bapak selalu bisa memberi informasi pengetahuan yang selalu bermanfaat bagi pemula semacam saya……..

  2. ARIFUDDIN

    terima kasih, kalau bisa lebih lengkap lagi tentang penggunaan power poit dalam penyusunan media pembelajaran.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

%d blogger menyukai ini: