PENGOLAHAN NILAI SEKOLAH (NS) MENGGUNAKAN MS EXCEL 2007


Tidak terasa beberapa bulan lagi ujian nasional akan dilaksanakan. Tentunya dengan datangnya Ujian Nasional ini, pengolahan nilai sekolah pastinya akan menjadi masalah jika kita menghitungnya dengan cara manual, sementara itu software yang dikeluarkan kementerian pendidikan nasional hanya sebatas merekap nilai sekolah yang sudah diolah oleh sekolah.

Sebagai alternatif pemecahan masalah ini, khususnya untuk pemula saya menawarkan penghitungan menggunakan excel yang tentunya bukan satu-satunya solusi untuk mengatasi masalah ini, tapi paling tidak dapat meringankan beban sekolah dalam mengolah nilai sekolah ini.

Sekilas gambaran mengenai pengolahan nilai ini dapat dilihat pada gambar berikut :

1. Halaman Utama (input data sekolah)

2. Halama Input Data Siswa

3. Halaman Utama Pengolahan Nilai Rapor

4. Pengolahan Nilai Rapor Per Mata Pelajaran

5. Halaman Utama Pengolahan Nilai Ujian Sekolah

6. Pengolahan Nilai Ujian Sekolah Permata Pelajaran

7. Halaman Utama Pengolahan Nilai Sekolah

8. Halaman Nilai Sekolah (NS) yang dapat dicetak ke printer

Demikian gambaran umum dari pengolahan nilai sekolah (NS) yang saya susun sendiri berpdoman paada POS UN TP. 2010/2011. Saya tidak memberikan penjelasan detail karena saya yakin pembaca sekalian sudah mahir di MS Excel baik versi 2003, 2007 maupun 2010. Dan saya berharap saran yang sifatnya membangun untuk penyempurnaan pengolahan diatas.

Sebagai bahan Uji Coba berikut saya berikan link download filenya, tapi mohon maaf  filenya menggunakan MS Excel 2007.

  1. DOWNLOAD DISINI. (File versi lama)
  2. DOWNLOAD DISINI (File versi Revisi)
  3. DOWNLOAD (FILE REVISI AKHIR)

Mohon maaf, filenya msh dalam revisi untuk penyempurnaan.

 

Categories: UJIAN NASIONAL | Tags: , | 23 Komentar

Post navigation

23 thoughts on “PENGOLAHAN NILAI SEKOLAH (NS) MENGGUNAKAN MS EXCEL 2007

  1. jika ada yang butuh aplikasi rapor berbasis excel : http://www.4shared.com/zip/STMH1PeN/PROSMA_ver10.html
    fitur :
    1. impor dan eskpor
    2. backup dan restore
    3. hak akses admin dan operator
    4. tidak perlu diinstall tinggal pakai
    5. 10 kelas max 450 siswa 2 semester

  2. agus rizqon

    terima kasih banyak pak atas aplikasinya..saya agus rizqon dari SMPN 1 Waway Karya Kab. Lampung Timur

  3. Agus Widodo

    Pak sebelumnya terimakasih programnya sangat membantu….saya mau tanya jumlah siswa saya 109 tapi di program revisi terakhir hanya 74 gimana cara nambahnya pak ??? tolong banget pak

  4. saya mengunduh versi akhir tp di nilai raport mapel bahasa arab ada tabel yang terproteksi tidak bisa dimasukkan nilainya. mohon pencerahannya. dan kenapa kota dan propinsi tidak bisa di ubah waktu mencetak…? trima kasih pak

  5. mohon maaf, bapak bisakah saya minta link aplikasinya?

  6. Pak Nurman trimakasih banyak, saya dari MTs N Cikancung Kab. Bandung sangat terbantu, terus berkarya, agar madrasah jaya.

  7. terima kasih pak guru semoga bernfaat untuk semua, kami akan coba aplikasinya. terimaksih

  8. PAK BISA DI SHARE CARA PEMBUATANNYA, BIAR BISA MEMBUAT SENDIRI DAN MENYESUAIKAN KEADAAN SEKOLAH BISA MENAMBAH DAN MENGURANGI

  9. programnya sangat membantu
    apakah bapak juga membuat program yang digunakan untuk mapel sma?

  10. EFRI

    salam kenal…
    saya sudah mencoba menggunakan aplikasi yang bapak buat, namun saya mengalami kesulitan pada input data siswa. yaitu untuk menambah jumlah siswa. di aplikasi tersebut hanya untuk 74 siswa sedangkan siswa saya lebih dari 74 siswa.
    bagaimana cara menambah raw pada aplikasi excel tersebut?
    mohon penjelasannya. Terima kasih.

    • Assalamu’alaikum…
      Salam Kenal Pak..!
      Saya coba menggunakan Aplikasi yang bapak buat cuma mengalami kesulitan pada penambahan Row, bagaimana caranya menambahkan row pd aplikasi tersebut ?

  11. Pak Nurman, Saya bukan tenaga pendidik namun saya ingin membagikannya dengan teman-teman lain yang kebetulan adalah para guru. Terima kasih.

  12. iemoel

    terima kasih sudah mau berbagi ilmu pak…
    kalau yang untuk MI ada nggak pak…?

  13. eka fakhriah

    ///gmna crax pak..membuka biodata peserta UN versi offline..tengkx

  14. eka satria putra

    untuk smp g’ bisa ya?

  15. Ping-balik: PEDOMAN OPERASIONAL STANDAR (POS) UJIAN NASIONAL TAHUN 2012 « BLOG GURU MATEMATIKA

  16. terima kasih telah mau berbagi ……

    :)

  17. d

    kok nga bisa di download…
    tlng email ke fb dunk alamat downloadnya

  18. Mohon ijin untuk menggunakan tulisan anda. Selain itu, link download yang anda berikan tidak berfungsi. Mohon diperbaiki.

Berikan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

