TUGAS GURU YANG HILANG


Dalam sebuah ungkapan guru merupakan manusia yang digugu dan ditiru, ini sepertinya tidak terlalu berlebihan, karena dipundak guru tugas mulai dibebankan. Tugas mulia itu tidak terbatas pada transper ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Walaupun ungkapan transper ini sudah ditinggalkan oleh sistem pendidikan kita, dan ini patut disayangkan karena ruh dari pendidikan itu sendiri telah hilang.

Akibat dari sistem pendidikan kita yang  saya rasakan sendiri adalah kurangnya penghargaan siswa terhadap guru, karena siswa merasa bahwa ilmu yang dikuasainya tidak diperoleh dari gurunya melainkan dia peroleh dari sumber-sumber ilmu lain seperti media elektronik dan lain-lain.

Dan sayangnya guru merasa ini biasa-biasa saja, dan perlahan-lahan guru meninggalkan salah satu tugas utamanya yaitu MENDIDIK. Guru merasa tugasnya hanya di dalam kelas.

Tugas mendidik merupakan tugas yang sangat berat yang diembankan kepada guru, tugas ini tidak terbatas hanya pada jam pelajaran atau jam kerja saja, melainkan tugas ini wajib dilaksanakan oleh guru 24 jam. dan sayang ini yang sudah mulai dilupakan di dunia pendidikan kita. Sehingga tidak heran kita lihat banyak siswa yang melakukan tindakan-tindakan diluar kebiasaan ketika mereka keluar dari sekolahnya.

Apakah ini masalah ????????????

Lalu dimanakah letak salahnya, apakah sistem pendidikan kita yang belum sempurna, ataukah memang kita saja yang tidak mau memperhatikan masa depan anak-anak bangsa ini, ataukah pendidikan kita hanya berorientasi pada nilai bukan pada moral ?

Categories: kurikulum | Tags: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: